Jumat, 07 Oktober 2016

Apa Itu Jaringan ?

Peranan komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin terasa . berbagai kegiatan bisnis di berbagai bidang dilakukan dengan bantuan komputer. Karena kebutuhan pengolahan data dan informasi, maka dalam sebuah organisaasi bisa kadang-kadang dibutuhkan lebih dari satu komputer yang digunakan oleh banyak orang yang bekerja dalam sebuah tim. Untuk kelancaran dan efesiensi komputer-komputer tersebut kemudian dihubungkan satu sama lain. Kumpulan komputer yang terhubung dalam satu jaringan disebut dengan "Jaringan Komputer".

   Dalam sebuah jaringan komputer terdapat komputer server dan komputer client. Sesuai dengan namanya, komputer server berfungsi untuk mengatur aliran di dalam jaringan. Selain itu komputer server juga dapat berfungsi sebagai penyedia sumber yang di butuhkan oleh kpmputer-komputer client. Sumber tersebut dapat berupa data,program file,dan sebagainya. Sedangkan komputer client adalah komputer yang menerima pelayanan.

     Bila jaringan komputer terhubung ke internet, komputer server juga dapat berfungsi sebagai gateway. Disebut sebagai gateway karena kpmputer server tersebut merupakan gerbang atau jalur yang digunakan komputer client untuk mengakses ke internet. Komputer server dapat juga berperan sebagai Web Server yang berfungsi untuk menyimpan halaman-halaman web dari sebuah situs Webdan juga sebagai mail server atau komputer yang memberikan layanan e-mail.

Berbagai Jenis Jaringan

     Dilihat secara fisik, jat=ringan komputer dapat dibedakan menjadi 2, yaitu jaringan kabel dan jaringan tanpa kabel atau nirkabel (wirelessnetwork). Jaringan kabel adalah jaringan komputer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan. Sedangkan jaringan tanpa kabel/wireless adalah jaringan yang dihubungkan dengan menggunakan gelombang radio.

     Jika dibandingkan dengan jaringan kabel, jaringan nirkabel memiliki kelebihan karena kemampuannya untuk bergerak. Seiring dengan tingginya tingkat mobilitas manusia, maka jarinag nirkabrl merupakan solusi yang tepat sebagai sarana komunikasi. Dengan jaringan nirkabel, kta dapat mengakses informasi dari mana saja tanpa harus tetap berada pada suatu tempat tertantu. Dilihat dari area yang dicangkupnya, secara umum jaringan komputer dapat digolongkan dalam 4 jenis yaitu,,,

   1.     Local Area Network ( LAN )
Local area network atau LAN adalah jaringan jarinag yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Umumnya LAN dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tertentu. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat dalam gedung atau kantor tersebut. Komputer-komputer dihubungkan untuk membagi sumberdaya yang ada pada kantor tersebut.

   2.    Metropolitan Area Network ( MAN )
MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. Umumnya MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer ynag letaknya berdekatan. Misalnya saja, kantor –kantor pemerintah yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan MAN. Hal ini dibuat untuk berbagi data antara satu instansi dengan instansi yang lain. Misalnya saja kantor Dinad pajak dapat berbagi data dengan Dinas Pertahanan. MAN dapat dimanfaatkan oleh pemerintah maupun swasta.

   3.    Wide Area Network (WAN)
Wide area Network (WAN) adalah jaringan computer yang mencangkup dari segi geografis. WAN bias saja mencangkup sebuah Negara atau benua. WAN biasanya digunakan pada Negara-Negara  besar yang telah maju untuk menguhubungkan database dari suatu daerah /Negara dengan daerah/Negara lain.

   4.    Internet

Internet juga merupakan sebuah jaringan computer. Internet merupakan jaringan yang sangat besar yangmencangkup seluruh dunia. Orang yang terhubung ke internet berarti terhubung ke semua computer yang ada di dunia yang juga terhubung ke internet.

Internet merupakan kumpula dari LAN,MAN,dan,WAN yang ada di seluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut ke dalam sebuah jaringan internet yang sangat besar, maka di bangun jaringan kabel serat optik yang menghubungkan satu benua dengan benua yang lain. Kabel serat optik ini di bangun di dasar laut.
Share:  

0 komentar:

Posting Komentar